Senin, 02 Maret 2015

Menghafal Al Qur'an Dengan Tips Sederhana

GriyaQuran.net Sahabat Qur’an,  Bisa menghafal Al Qur’an itu merupakan sebuah anugrah yang luar biasa, karena begitu banyak hadist Nabi yang menerangkan kemulyaan orang yang menghafal Al Qur’an.

Bagaimana caranya? yuk kita simak tipsnya dari Ustadz  Awy’ A. Qolawun @awyyyyy yang membahas Bagaimana Menghafal Al Qur’an Dengan Tips Sederhana


 

1.      Jika beberapa hari lalu aku sempat twit perihal indahnya mentadabburi Qur’an jika paham bhs Arab (namun dipahami beda oleh sebagian teman).
2.      Maka kali ini aku ingin kultwit pendek perihal menghapalkan Al Qur’an. Apakah menghapal Qur’an itu mudah? Dan bagaimana tips sederhananya.
3.      Bisa hapal Qur’an tentu saja suatu anugerah luar biasa. Dlm hadits dikatakan bahwa penghapal Qur’an itu seolah mendapatkan mahkota.
4.      Pada dasarnya, Al-Qur’an (dg susunan kalimat2nya yg benar2 khas itu) mempunyai ekselensi khusus mudah untuk dihapal.
5.      Dan ia begitu cepat bisa dihapal tanpa memandang apakah orang itu paham artinya, bahasanya, atau meski cuma mendengarnya saja…
6.      Terlebih jika didiktekan pada anak kecil sejak dini. Anjuran bagi orang tua di manapun untuk mendidik anak2nya minimal hapal surat pendek.
7.      Anggapan bahwa menghapal Qur’an itu sulit, wow, sebenarnya tidak perlu. Sebab
Qur’an itu mudah dihapal sejak dari sananya.
8.      Dan jaminan kemudahan hapalan Qur’an disebutkan dlm QS. Al-Qomar, wa laqod yassarna-l Qur-ana lid dzikri, fa hal min muddakir?
9.      Dan bahwa Qur’an ini telah Kami (Allah) mudahkan untuk dihapal, ayo masa’ tidak ada yg mau menghapalkan? Begitu terjemah bebas ayatnya.
10.   Lho, bukannya kalau hapalin Qur’an mesti benar2 harus mengkhususkan di pesantren2 Qur’an, tidak disambi dg aktivitas2 lain?
11.   Kata siapa? Pengalamanku pribadi menghapal Qur’an (dan selesai waktu sweet seventeen :D) adl tdk di pesantren2 khusus Qur’an.
12.   Bahkan kala itu juga punya kewajiban2 menghapal yg lain, keharusan mengejar deadline tulisan2, tapi nyatanya Qur’an tetap mudah dihapal.
13.   Dan kemudahan menghapal Qur’an ini juga tidak melihat usia. Salah satu syaikh
kami ada yg baru hapal Qur’an setelah usia di atas 63 thn.
14.   Tinggal kita saja, punya kemauan apa tidak untuk menghapal Kitab Suci yg secara kontruksi susunan kata2nya memang mudah dihapal.
15.   Minimal jika kita merasa tak mampu menghapal Qur’an seluruhnya, ya surat2 penting lah semisal Yasin, Al-Kahfi, al-Mulk.
16.   Atau juz yg cukup umum dihapal sekaligus suratnya pendek2, yaitu juz 30. Mudah sekali menghapal bagian ini.
17.   Atau (ini katakan paling parah udah) jika tak mampu menghapal juz 30, minimal tiap muslim hapal 10 surat terakhir di Al-Qur’an.
18.   Agar saat sholat, usai baca al-fatihah, tidak cuma baca surat Qulhuuuuu aja :D biar bervariasi bacaannya.
19.   Lagipula menurut penelitian, orang yg hapal qur’an (dan selalu mengulang2 hapalannya) di masa tuanya aman dari kepikunan, alzheimer.
20.   Itu belum ekselensi ukhrowi semisal jasad penghapal Qur’an tdk dimakan cacing di kuburannya, awet tanpa harus dimummikan.
21.   Atau yg nantinya saat di surga sang penghapal qur’an dinaikkan derajatnya sejumlah ayat yg dia hapal…
22.   Soal cara menghapal qur’an sendiri, bisa kok semisal setiap hari kita menyisihkan waktu 30 menit untuk menghapal 5 ayat…
23.   Soal gampang lupa, itu urusan lain, yg penting sekarang kemauan untuk menghapal Qur’an dulu. Diatur saja waktu untuk mengulang hapalan.
24.   Semisal menjelang tidur. Atau jika kebetulan orang kantoran ya pas waktu2 luang kala tidak ada kerjaan.
25.   Maksud hadits itu bukan lupa yg sering kita alami, tapi lupa parah sampai tidak bisa membacanya saking lamanya tidak baca Qur’an lagi.
26.   So kalau sekedar lupa2 biasa ya tidak berdosa, sebab memang manusia itu ya tabiatnya adl tempatnya salah dan lupa.
27.   Trik lain untuk mudah menghapal qur’an adl paham maknanya. Sebab jika paham makna kita ini kayak tahu alur cerita.
28.   Dan memahami makna ayat minimal dg bantuan terjemah, syukur2 jika punya kemampuan bahasa arab meski dikit2 (ini yg kemarin kumaksud).
29.   Bagi yg serius menghapal Qur’an trik sederhana ini diperlukan agar tidak mbulet saat menghadapi beberapa ayat yg serupa tapi tak sama.
30.   Alhasil hilangkan pikiran bahwa Qur’an itu repot dihapal. Justru sebaliknya, Qur’an itu gampang banget dihapal, coba aja deh.
31.   Maka mulai sekarang, untuk menaikkan kualitas keislaman kita, perlu membuat program sederhana,menghapal Qur’an tiap hari, meski dua ayat.
32.   Karena, di samping semua itu, Qur’an bukan sekedar bacaan biasa. Ia punya ekselensi menuntun diam2 kpda pembacanya, apalagi penghapalnya.
33.   Dan kebiasaan membaca (terlebih menghapal) memberikan pencerahan sekaligus kesegaran luar biasa pada batin. Siapapun merasakan ini.
34.   Oh ya, mau bukti lain bahwa Qur’an mudah dihapal? Nggak sedikit lho pendeta hapal sebagian ayat2 Qur’an, masa kita yg muslim gak hapal?
35.   So, saatnya membuat program baru dlm hidup. Target hapal sebagian ayat Qur’an (syukur2 bablas sekitab) meski usia tak lagi muda.
36.   Yg masih muda (khususnya yg di bawah usia 28) ayo manfaatkan usia emas kalian dgn menghapal firman2 Allah Ta’ala…Kesempatan yg bagus.
***
(surya/gq)





 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar